Sabtu, 13 November 2010

SK. 5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.

Posted by Ngabidin 13.30, under | No comments

SILABUS
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Gasal
Standar Kompetensi :
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian-bagiannya.
Indikator :
1. Mengelompokkan dan mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, dan limas.
Contoh instrumen:
a.Apa definisi kubus?
b.Apa definisi balok?
c.Apa definisi prisma?
d.Apa definisi limas?
2.Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas meliputi rusuk, sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal.
Contoh intrumen:
a.Lukislah kubus ABCD.EFGH, sebutkan diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal pada kubus tersebut. Berbentuk apakah bidang diagonal pada kubus tersebut?
b.Perhatikan balok ABCD.EFGH
Sebutkan:
1)Semua rusuk balok
2)Semua bidang sisi balok
3)Semua diagonal ruang
4)Semua bidang diagonal

c.Gambarlah prisma segitiga ABC.DEF, kemudian:
1)Tentukan bidang alas dan bidang atasnya.
2)Tentukan rusuk-rusuk tegaknya.
3)Ada berapa titik sudutnya
d.Dari sebuah limas segitiga T.ABC, tentukan titik-titik sudut bidang alas dan titik puncak limas. Adakah diagonal ruang dan bidang diagonalnya.

5.2. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas.
Indikator:
1.Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas
Contoh instrumen:
a.



(1) (2) (3)
Dari rangkaian jaring-jaring diatas manakah yang merupakan jaring-jaring kubus?
b.Buatlah jaring-jaring balok yang berukuran 5 cm x 3cm x 1cm.
c.Buatlah jaring-jaring prisma yang alasnya segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku-sikunya 3 cm dan 4 cm, tinggi prisma 6 cm.
d.Buatlah jaring-jaring limas yang alasnya persegi dengan sisi 10 cm dan tingginya 12 cm

5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
Indikator:
1.Menurunkan rumus luas permukaan dan volume kubus
Contoh instrumen:
Sebutkan rumus luas permukaan dan volume kubus yang panjang rusuknya x cm.
2.Menurunkan rumus luas permukaan dan volume balok
Contoh instrumen:
Sebuah balok memiliki panjang p cm, lebar l cm, dan tinggi t cm. Tentukan rumus luas permukaan dan volume balok tersebut.
3.Menurunkan rumus luas permukaan dan volume prisma
Contoh instrumen:
Sebutkan rumus luas permukaan dan volume prisma tegak yang alasnya segitiga sama sisi dengan panjang alas a cm dan tingginya b cm, dan tinggi prisma t cm.
4.Menurunkan rumus luas permukaan dan volume limas
Contoh instrumen:
Tentukan rumus luas permukaan dan volume pada limas segi empat T.ABCD.
5.Mengitung luas permukaan dan volume kubus
Contoh instrumen:
a.Hitunglah luas permukaan kubus yang panjang rusuknya 12 cm
b.Panjang semua bentuk kubus 240 dm. Hitunglah volume kubus tersebut.
6.Mengitung luas permukaan dan volume balok
Contoh instrumen:
a.Sebuah balok dengan panjang 6 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm. Tentukan luas permukaan balok
b.Hitunglah volume balok yang mempunyai panjang 4 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm.
7.Mengitung luas permukaan dan volume prisma
Contoh instrumen:
Hitunglah luas permukaan dan volume prisma pada gambar di samping

8.Mengitung luas permukaan dan volume limas
Contoh instrumen:
Alas sebuah limas berbentuk persegi panjang sisi 10 cm, jika tinggi limas 12 cm dan tinggi segitiga 13 cm, tentukan luas permukaan limas dan volume bangun tersebut. 




Sumber Belajar:
1.Adinawan, M Kholiq dan Sugiono. 2008. Matematika Jilid 2 untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
2.Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tags

Blog Archive